Trensains Gelar Idul Adha 1443 dan Tebar 1000 Paket Qurban

SRAGEN – Pesantren Sains Trensains yang berlokasi di Sragen, Jawa Tengah, menggelar ibadah shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan Qurban, Sabtu (9/11/2022).

Penetapan penyelenggaraan waktu Idul adha ini berdasarkan hasil keputusan Muhammadiyah yang menetapkan 10 Zulhijah 1443 Hijriah atau Hari Idul Adha jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Pantauan di lokasi, Sabtu (9/7/2022), jamaah santri dan masyarakat mulai berdatangan ke lokasi shalat Id pada pukul 06.00 WIB. Suara takbir terus terdengar melalui pengeras suara.

Ada lebih dari 600 jamaah santri dan masyarakat mengikuti shalat Idul Adha yang di gelar di halaman utama Trensains.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, sekaligus ketua panitia, ustad Arif Dwi Cahyono mengatkan bahwa agenda shalat Idul Adha santri dan masyarkat ini rutin digelar setiap tahunnya. Adapun yang bertindak sebagai Imam dan Khotib adalah Kiai Hakim Zanky, Lc. selaku wakil direktur Trensains.

“Setiap tahunnya Trensains menggelar shalat Idul Adha untuk masyarakat umum. Kalau untuk imamnya InsyaAllah akan diisi oleh Ustad Hakim Zanky sebagai wadir Trensains,” kata Arif saat dikonfirmasi, pada Sabtu, (10/11/2022)

Tak hanya menggelar ibadah shalat Idul Adha, Trensains juga melaksanakan penyembelihan puluhan hewan qurban.

Kata Kamtiyono selaku panitia qurban, berdasarkan data yang masuk di panitia Lazismu Trensains hingga pelaksanaan qurban Sabtu (9/11/2022), Trensains telah menerima 7 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Panitia menyembelih hewan qurban secara bertahap dan mendistribusikannya kepada umat yang membutuhkan terutama untuk mendukung program ketahanan pangan.

Hewan qurban yang dipotong disalurkan kepada masyarakat di beberapa kecamatan, khususnya komunitas binaan Trensains.

Total 1700 kilogram daging, 1125 kepala keluarga penerima manfaat, yang berasal dari 19 komunitas di 5 kecamatan di kabupaten Sragen.

“Setiap tahun Trensains memotong qurban. Untuk hewan qurban yang berhasil dihimpun tahun ini ada 7 sapi dan 12 kambing. Semuanya dikelola dan didistribusikan oleh panitia via Lazismu Trensains. Adapun satu sapi kita salurkan untuk mendukung program Rendangmu untuk mensukseskan program ketahanan pangan nasional,” katanya.


Sebagimana diketahui, Pesantren Sains SMA Trensains Muhammadiyah Sragen adalah sekolah unggulan Muhammadiyah Nasional. Dan merupakan sekolah terbaik Muhammdiyah versi pencapaian UTBK tahun 2020.

Sekolah dengan format pesantren ini bukan pesantren biasa melainkan pesantren sains. Trensains mengingatkan dan menyadarkan bahwa di dalam al-Quran, terdapat 800 ayat alam yang mengarah pada pemahaman dan penguasaan sains dan teknologi. Umat Islam harus kembali kuasai IPTEK karena secara empirik, mengatakan bahwa bangsa-bangsa yang eksis adalah bangsa-bangsa yang menguasai sains fundamental.

Trensains berikhtiar melahirkan saintis muslim abad 21. Santri Trensains selain harus memahami bahasa Arab dengan baik sebagai tool memahami al-Quran. Mereka juga harus piawai dalam matematika dan sains. (HZ)

Bagikan Artikel:

Leave a Comment

SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, menyiapkan Ibnu Sina abad 21 dengan mengkaji & meneliti ayat-ayat semesta dalam Al-Quran dan Hadis Nabawi.

Hubungi Kami

Pesantren Sains Trensains Muhammadiyah Sragen

Dawe RT. 16, Banaran, Kec. Sambungmacan, Sragen, Central Java, Indonesia 57253

PSB SMA Trensains Muhammadiyah Sragen Telah Dibuka.

Daftarkan putra-putri Anda segera!