Kejaiban Madu, Makanan Bergizi Tinggi Sekaligus Obat

Ayat dan Hadis yang Menyinggung Tentang Madu

  1. Ayat-ayat al-Quran berbicara tentang madu

Allah SWT. berfirman dalam surah Muhammad ayat 15 menceritakan tentang perbandingan penghuni surge dan neraka.

مَّثَلُ ٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ فِيهَآ أَنْهَٰرٌ مِّن مَّآءٍ غَيْرِ ءَاسِنٍ وَأَنْهَٰرٌ مِّن لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُۥ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشَّٰرِبِينَ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى وَلَهُمْ فِيهَا مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّن رَّبِّهِمْ كَمَنْ هُوَ خَٰلِدٌ فِى ٱلنَّارِ وَسُقُوا۟ مَآءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَآءَهُمْ

(Apakah) perumpamaan (penghuni) surga  yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya? (QS. Muhammad [47] :15)

Kemudian Allah SWT. berfirman dalam surah an-Nahl ayat 68 dan 69 mengani karakterisitik lebah dan madu.

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (٦٨) ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (٦٩)

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu), dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. Annahl [68]s:69)

  1. Hadis-hadis Nabi berbicara khasiat madu

عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ “‏ عَلَيْكُمْ بِالشِّفَاءَيْنِ الْعَسَلِ وَالْقُرْآنِ ‏

Dari Abdullah bin umar bersabda Rasulullah SAW.: hendakalah kalian menggunakan dua obat penyembuh yakni madu dan al-Quran (HR. Imam Hakim dan disahihkan oleh Imam Ad-Dzahabi)

الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ شَرْبَةِ عَسَلٍ وَشَرْطَةِ مِحْجَمٍ وَكَيَّةِ نَارٍ وَأَنْهَى أُمَّتِي عَنِ الْكَيِّ

obat itu ada tiga macam; meminum madu, berbekam dengan gelas dan bakaran api. Tetapi aku melarang umatku melakukan pembakaran dengan besi.” (HR. Bukhari)

جاء رجلٌ إلى النبيِّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ فقال : إنَّ أخي استُطلقَ بطنُه . فقال رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ ” اسقِه عسلًا ” فسقاهُ . ثم جاءَه فقال : إني سقيتُه عسلًا فلم يزدْه إلا استطلاقًا . فقال لهُ ثلاثَ مراتٍ . ثم جاء الرابعةَ فقال ” اسقِه عسلًا ” فقال : لقد سقيتُه فلم يزدْه إلا استطلاقًا . فقال رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ ” صدق اللهُ . وكذب بطنُ أخيكَ ” فسقاهُ فبرِأَ .

 Bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Saw, seraya berkata: “Sesungguhnya saudaraku perutnya mulas”, maka Rasulullah Saw bersabda: “Minumilah ia madu”, kemudian orang itu memberikan minuman madu kepada yang sakit itu, lalu datanglah orang itu kepada Rasulullah Saw, seraya berkata: “Ya Rasulullah saya telah memberikannya minuman madu, tetapi hasilnya bertambah mulas’: Rasulullah Saw bersabda: “Pergilah dan minumi lagi ia madu”, maka orang itu pergi dan memberi si sakit madu, kemudian orang itu datang lagi kepada Rasulullah Saw, seraya berkata: “Ya Rasulullah, hasilnya hanyalah bertambah mulas”, kemudian Rasulullah bersabda: “Allah berkata benar, dan perut saudaramu berdusta, maka pergilah dan berilah saudaramu itu madu”. Lalu orang itu pergi dan memberi si sakit itu madu, kemudian si sakit sembuh”. (H.R Bukhari-Muslim dari Abu Sai’d Al Hudri)

 

 Kandungan Madu dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang sehat dan alami. Manfaat madu pun sudah sangat banyak dipaparkan dan hal tersebut meliputi kesehatan dan juga kecantikan. Madu sendiri paling pas dijadikan untuk alternatif sehat dari gula.

Madu merupakan cairan yang sekilas menyerupai sirup namun lebih kental dan rasanya lebih manis. Madu berawal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis pada madu disebabkan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang memang merupakan perasa manis pada gula.

Manfaat madu bukan hanya sekedar di kesehatan, karena pada dasarnya madu merupakan bahan makanan yang populer di dunia kuliner sebagai pemanis atau pengental. Tak jarang orang menggunakan madu sebagai bahan olesan pada makanan yang hendak dipanggang atau campuran pada makanan karena rasa manis khas yang berbeda dari gula dan pemanis lainnya.

Di dalam madu, terdapat campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada pula karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi kompleks inilah yang membuat manfaat madu baik untuk kesehatan.

  1. Manfaat madu untuk kesehatan

Empat belas abad silam Nabi SAW. mengajurkan umatnya agar menjadikan meminum madu sebagai habit (kebiasaan)  termasuk menjadikan madu sebagai obat utamas. Beliau bersabdas:

عَلَيْكُمْ بِالشِّفَاءَيْنِ الْعَسَلِ وَالْقُرْآنِ ‏

Hendakalah kalian menggunakan dua obat penyembuh yakni madu dan al-Quran (HR. Imam Hakim)

Berikut kami paparkan deretan manfaat madu yang baik untuk kesehatan, dan mengapa harus mengonsumsi madu di tiap harinya.

  1. Sumber nutrisi yang lengkap

Seperti yang telah dijelaskan di atas, manfaat madu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi madu setiap hari, merupakan cara memenuhi kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat baik, anti-oksidan, vitamin C, serta banyak nutrisi lain untuk tubuh kita.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Karena manfaat madu adalah memberi nutrisi baik seperti yang dijelaskan di poin pertama, maka dengan mengkonsumsi madu dengan sendiri metabolisme dalam tubuh akan meningkat.

  1. Meningkatkan stamina

Dengan nutrisi yang tercukupi sehingga metabolisme tubuh meningkat, manfaat madu akan berpengaruh pada stamina yang meningkat. Tidak perlu ragu, Anda pasti sering menemui minuman peningkat stamina yang menggunakan madu bukan?

  1. Memusnahkan bakteri dalam tubuh

Pada beberapa studi klinis dan penelitian, manfaat madu terbukti membasmi bakteri yang dapat menyerang tubuh dan membuat tubuh sakit seperti E. coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa.

  1. Mengurangi batuk

Senyawa dekstrometorfan dalam madu ternyata dapat menenangkan batuk yang menyiksa Anda atau mengganggu aktivitas Anda. Manfaat madu yang satu ini juga ampuh untuk membasmi batuk Anda yang biasa kambuh di malam hari karena dingin menusuk. Dengan meminum madu maka batuk Anda aksan hilang bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

  1. Meningkatkan daya ingat

Bagi Anda yang memiliki kesusahan untuk mengingat atau ternyata mengalami gangguan short term memory, maka manfaat madu yang satu ini tentu Anda butuhkan. Dengan konsumsi rutin madu, dalam jangka panjang daya ingat Anda tidak akan menurun secara drastis. Minumlah 20 g madu setiap hari dan hasilnya akan Anda lihat di masa senja.

7. Mencegah kanker

Salah satu manfaat madu lainnya adalah pencegahan terhadap kanker. Antioksidan pada madu dengan mengkonsumsinya setiap hari juga akan mengurangi dan mencegah terkena kanker di kemudian hari.

8. Mengurangi risiko terkena serangan jantung

Tidak hanya bermanfaat sebagai pencegah kanker, salah satu manfaat madu yang mengandung antioksidan juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

9. Mencegah dan mengobati diabetes

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rasa manis pada madu berbeda dengan gula dan pemanis buatan. Manfaat madu yang merupakan kombinasi dari fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

10. Mengobati luka luar

Pada beberapa penelitian, manfaat madu sudah terbukti efektif dapat digunakan untuk mengobati luka. Dengan mengoleskan madu murni atau madu yang belum diproses, maka luka akan sembuh dengan cepat. Luka akan tetap steril hingga menutup.

11. Membantu mengobati dan menghilangkan alergi

Selain mengurangi dan mengobati batuk, salah satu manfaat madu adalah untuk mengobati dan menghilangkan alergi. Jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja dapat memerangi reaksi alergi.

B.     Manfaat madu untuk ibu hamil

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi madu. Hal ini dikarenakan ibu yang sedang mengandung butuh tenaga ekstra, daya tahan tubuh ekstra, dan juga butuh nutrisi yang lebih untuk sang buah hati. Lebih dari itu, manfaat madu terbaik tentu adalah sifatnya yang merupakan bahan alami. Biasanya dorongan berbagai nutrisi harus didapatkan dari obat yang merupakan bahan kimiawi.

Berikut deretan manfaat madu untuk ibu hamil: menambah tenaga, memperkuat daya tahan tubuh selama kehamilan, meningkatkan nafsu makan, memudahkan buang air besar, membantu janin tumbuh dan berkembang dengan sehat, menguatkan janin, mengurangi rasa mual, dan mencegah ibu hamil terserang berbagai penyakit.

C.    Manfaat madu untuk wajah dan kecantikan

Ternyata, manfaat madu tak cuma untuk kesehatan saja. Pasalnya, madu kaya akan anti-oksidan yang ternyata banyak dibutuhkan oleh wajah. Oleh karena itu, manfaat madu juga memiliki dampak besar di kecantikan dan kosmetik.

Cara untuk mendapatkan manfaat madu untuk kecantikan adalah dengan membuatnya sebagai salah satu campuran masker ataupun lulur, dan digunakan tiap hari.

Berikut deretan manfaat madu untuk kecantikan, antara lain pelembap alami wajah yang kering, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, menyamarkan noda bekas jerawat, menyamarkan flek hitam, mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan wajah, membasmi jerawat, menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, serta mencegah kulit keriput. Wallahu ‘Alam Bis Showwab.

(HZ)

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *