Kurma Si Raja Buah

 

لاَيَجُوعُ أَهلُ بَيتٍ عِندَهُم التَمرُ

Dari Aisyah Ummul Mukminin ra. Melaporkan, dari Nabi SAW.:  “Wahai Aisyah tidak ada rumah tangga yang memiliki kurma kering akan lapar” (HR. Muslim)

Dari Aisyah Ummul Mukminin ra. Melaporkan, dari Nabi SAW. “Wahai Aisyah rumah tangga yang tidak ada kurma akan lapar ia mengatakan dua atau tiga kali” (HR. Muslim)

Kurma kering di sini menunjuk pada kurma di pohon mulai berbuah hingga matang. Istilah kurma kering digunakan karena ada dua hak dua tahap antara kurma mentah dan kurma matang tidak berselang lama setelah musim panen. Sedangkan kurma kering di temukan sepanjang tahun.

Pohon pohon palem disebutkan di 20 tempat dalam Alquran. Pohon palem adalah anggota dari palmae yang memiliki berbagai jenis. Adapun kurma dan kelapa sawit adalah jenis yang cukup banyak. Ada 15 jenis kelapa sawit sementara ada lebih dari 1000 jenis kurma di Semenanjung Arab saja dan ada 600 jenis di irak.

Pohon palem termasuk tanaman hijau dan tumbuh terutama di daerah bersuhu panas. Meskipun demikian mereka dapat beradaptasi di semua daerah baik tropis maupun kering. Pohon palem adalah salah satu pohon terbaik yang tahan di tanah berkadar garam tinggi dan kering. Oleh karena itu mereka dapat tumbuh dengan baik makan di daerah yang tandus sekalipun.

Adapun hasil dari pohon palem merupakan salah satu tanaman penghasil buah terbaik yang dimanfaatkan manusia manusia. Sejak zaman dahulu, terutama di daerah gurun yang membentang dari mauritania di bagian barat hingga Asia Tengah di bagian timur.

Pohon palem termasuk tanaman monokotil berbiji tunggal. Adapun pohon palem jantan maupun betina mulai berbunga pada tahun ke 5 dan terus-menerus menghasilkan buah selama 30 sampai 40 tahun.

Pohon kurma diberkahi dengan kekuatan luar biasa untuk bertahan pada suhu tinggi hingga 50 derajat celcius ketika musim panas . Mereka juga diberkahi dengan kemampuan untuk bertahan dari kadar garam yang ekstrim dan kekeringan. Ini karena Tinggi pohon batang yang tebal dan kasar pohon kurma juga ditutupi dengan kelapa tua . Hal tersebut berguna menyimpan sejumlah besar air.

Selain daunnya berbentuk tombak yang tebal dan berduri dan pohon bagian atas hanya terjadi sedikit daun tidak lebih dari 20 sampai 40 daun saja untuk mengurangi laju transpirasi penguapan dan kekurangan air .

Kurma merupakan buah yang memiliki nutrisi seimbang dan mengandung sebagian besar unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh karena itu Allah SWT. berfirman:

وَمِن ثَمَرَٰتِ ٱلنَّخِيلِ وَٱلۡأَعۡنَٰبِ تَتَّخِذُونَ مِنۡهُ سَكَرٗا وَرِزۡقًا حَسَنًاۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لِّقَوۡمٖ يَعۡقِلُونَ ٦٧

“Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan”.  (QS. An-Nahl 16: 67).

Kurma kering mengandung gula karbohidrat protein lemak dan sejumlah unsur serta vitamin yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dari analisis isecara kimia membuktikan bahwa kurma kering mengandung 70,6% , karbohidrat 2,5%, lemak serta 1,32% mineral termasuk kalsium,zat besi, fosfor, magnesium, kalium,seng dan mineral lainnya. Kurma kering juga mengandung 10% serat vitamin A B1 B2 dan C gula dan protein.

Kurma kering memiliki manfaat bagi kesehatan yang sangat baik. Kurma juga memiliki nutrisi yang penting untuk sel-sel saraf. Selain itu pelumas kering bersifat antioksidan bermanfaat dalam kasus-kasus gagal ginjal, kandung empedu, tekanan darah, tinggi wasir dan asam urat. Kurma juga berfungsi sebagai pencahaR alami dan memperkuat pendengaran kurma kering juga merangsang Vagina dan memperkuat otot untuk memudahkan proses persalinan normal. Oleh karena itu Allah Maha Kuasa memerintahkan Maryam :

وَهُزِّيٓ إِلَيۡكِ بِجِذۡعِ ٱلنَّخۡلَةِ تُسَٰقِطۡ عَلَيۡكِ رُطَبٗا جَنِيّٗا ٢٥ فَكُلِي وَٱشۡرَبِي وَقَرِّي عَيۡنٗاۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ ٱلۡبَشَرِ أَحَدٗا فَقُولِيٓ إِنِّي نَذَرۡتُ لِلرَّحۡمَٰنِ صَوۡمٗا فَلَنۡ أُكَلِّمَ ٱلۡيَوۡمَ إِنسِيّٗا ٢٦

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini” (QS. Maryam 19: 25 -26)

Nabi SAW. bersabda: ” Berikanlah kurma kepada wanita yang akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan Maryam saat akan melahirkan Isa ‘Alaihissalam. Sekiranya Allah mengetahui ada yang lebih baik dari itu tentu dia kan telah memberikannya kepadanya. ( HR. Tirmizi ) .

Dari Salman bin ‘ Amir semoga Allah meridhoi nya bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Jika salah seorang diantara kalian berbuka maka berbukalah dengan tamr (kurma kering) jika tidak dapat kurma maka berbukalah dengan air, karena air itu mensucikan. ( HR. Tirmizi ) .

Rasulullah SAW. bersabda, “Sedekah kepada orang miskin itu mendapat satu pahala sedangkan sedekah kepada kerabat itu mendapat dua pahala sedekah dan menjalin tali silaturahim. (HR. Tirmidzi )

Nabi SAW. bersabda : “sebuah rumah yang memiliki kurma penghuni yang tidak merasa lapar”

Sungguh menakjubkan apabila seseorang menemukan informasi ilmiah akurat dalam hadis Nabi SAW.

Rasulullah telah mengatakannya lebih dari 1400 tahun yang lalu sementara para ilmuwan baru akhir-akhir ini menemukan fakta ilmiah tersebut. Tidak diragukan lagi ini membuktikan kebenaran Nabi SAW. dan keaslian pesannya serta hubungan antara beliau dan wahyu ilahi.
Oleh karena itu Allah berfirman:

وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلۡهَوَىٰٓ ٣  إِنۡ هُوَ إِلَّا وَحۡيٞ يُوحَىٰ ٤

“dan tiadalah yang diucapkannya itu (al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya”. (Qs An Najm 53: 3-4)

Allah SWT.  telah mengabadikan dan mengutamakan buah  kurma dari jenis buah-buahan yang lain, Allah SWT. menyebutnya bahkan di 20 ayat  yang berbeda di dalam al-Qur’an dengan memakai lafadz pohon kurma: an-Nakhl,an-Nakhiil atau an-Nakhlah.

Ayat tentang kurma dapat dikaji dan dipelajari sendiri di dalam Al-Qur’an di surat: Ar-Rahman: 11;  Al-Qaf:10 ;  Yaasiin: 67 ;  Ar-Ra’du: 4 ;  Maryam: 25-26 (Dalam menjelaskan ayat ini Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : ‘Tiada sesuatu yang lebih baik dari perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah’.) ;  Maryam :23;  Al-Baqarah: 266;  Al-An’am: 99;  Al-An’am: 141;  An-Nahl: 11;  An-Nahl: 67;  Al-Isra’: 91;  Al-Kahfi:32;  At-Taha: 71; Al-Mu’minun: 19;  Yaasiin: 34;  Qamar: 20;  Ar-Rahman: 68;  Al-Haaqah: 7 dan ‘Abasa: 29.

Wallahu ‘Alam bis Showwab

(HZ)

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *