Pacu Keilmuan Santri, Trensains Gandeng UNS Ajarkan Wolfram Mathematica

Pelatihan Software Wolfram Mathematica dan GeoGebra kerja sama Trensains dan FMIPA UNS.

SMA Trensains Muhammadiyah Sragen adakan pelatihan Wolfram Mathematica bagi semua guru sains dan santri Math Club pada Kamis, 27/7/2023 bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pelatihan Wolfram Mathematica untuk guru dan santri SMA Trensains kerja sama dengan FMIPA UNS.

Penjajakan  awal dilaksanakan pada 19/1/2023 di FMIPA UNS. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk dilakukannya pengabdian dosen Prodi Matematika FMIPA UNS yang didalamnya ada pelatihan Wolfram Mathematica . Sebagai inisiator program ini adalah kepala sekolah SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, Sunardi, S.Si, yang juga merupakan alumni Prodi Matematika UNS. Beliau mengatakan, “Pelatihan ini ditujukan untuk memacu kreativitas guru-guru dalam media pembelajaran sains dengan memanfaatkan teknologi. Untuk anak-anak, harapannya anak-anak memiliki visualisasi terhadap materi yang diajarkan, khususnya yang berhubungan dengan Matematika seperti grafik, vector dan lain-lain.”

Guru dan santri menerima materi Wolfram Mathematica di laboratorium Komputasi

Kegiatan pelatihan ini melibatkan 16 guru mata pelajaran sains dan 15 santri Math club serta dari pihak Matematika FMIPA UNS sebanyak 3 dosen dan 10 mahasiswa KKN bertempat di laboratorium Komputasi SMA Trensains Muhammadiyah Sragen selama 5 jam.

Vika Yugi Kurniawan, S.Si., M.Sc. sedang menerangkan penggunaan aplikasi.

Selaku ketua rombongan pengabdian dosen, Vika Yugi Kurniawan, S.Si., M.Sc. mengapresiasi atas ajakan kerjasama ini. “Kami melihat fasilitas yang diberikan oleh SMA Trensains untuk kegiatan pembelajaran dan keilmuan sudah baik bila dibandingkan dengan sekolah SMA pada umumnya yang tidak memberikan materi di luar kurikulumnya. Saya baru kali ini diminta mengajarkan Wolfram Mathematica (pada level SMA), padahal biasanya diminta pada level mahasiswa dan dosen. Pada guru saja itu biasanya hanya terbatas di aplikasi GeoGebra. Berarti SMA ini memberikan perhatian pada keilmuan dan pengetahuan.” Di akhir sesi, beliau mengharapkan ada kelanjutan atas kerjasama ini.

Santri mendapatkan panduan dalam pengaplikasian Wofram oleh mahasiswa KKN UNS dari prodi Matematika FMIPA.

Pelatihan Wolfram Mathematica ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh guru dan santri. Wachid Kusuma Ananta, M.Si selaku guru Matematika, memaparkan bahwa pelatihan hari ini memang membawa banyak manfaat bagi guru sains. “Aplikasi Wolfram dapat memvisualisasikan benda atau objek yang sulit dijelaskan dengan metode biasa, seperti melalui gambar atau grafik. Saya berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan semua guru sains agar proses pembelajaran tambah menyenangkan,” imbuhnya.

Disisi lain, Zulfaa Laila, santri kelas XII, mengungkapkan bahwa dia merasa senang sekali dapat belajar materi baru ini. Di akhir pelatihan, dia merasa tertantang untuk bisa memanfaatkan lebih materi yang didapat hari ini terutama untuk mengaplikasikan sains.

Tertarik, yuk kepoin SMA Trensains Muhammadiyah Sragen. (tbh)

Bagikan Artikel:

Leave a Comment

SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, menyiapkan Ibnu Sina abad 21 dengan mengkaji & meneliti ayat-ayat semesta dalam Al-Quran dan Hadis Nabawi.


Hubungi Kami

Pesantren Sains Trensains Muhammadiyah Sragen

Dawe RT. 16, Banaran, Kec. Sambungmacan, Sragen, Central Java, Indonesia 57253