Mengukuhkan Diri Sebagai Pesantren Berbasis Wakaf, Aset Trensains Capai 7,2 Miliar

Mengukuhkan Diri Sebagai Pesantren Berbasis Wakaf, Aset Trensains Capai 7,2 Miliar

TRENSAINS.SCH.ID, Sragen — Trensains atau Pesantren Sains yang terletak di Sragen, Jawa Tengah menjadi pesantren pertama yang secara resmi menyatakan diri sebagai pesantren berbasis wakaf.

Sudah ada pesantren-pesantren besar yang dibangun dari wakaf tapi tidak mengikrarkan diri berbasis wakaf. “Sepertinya Trensains ini yang pertama. Pesantren berbasis wakaf bermakna bahwa pesantren ini pendidikannya didukung oleh wakaf. Baik infrastruktur maupun operasionalnya,” ujar Hakim Zanky, Lc, Wakil Direktur Trensains selaku nadzir wakaf Trensains.

Gagasan ini ia sampaikan saat peresmian Pesantren Berbasis Wakaf yang digelar di halaman Pesantren Sains Trensains Muhammadiyah Sragen, Jawa Tengah, Sabtu pagi, (4/9/2021).

Menurut keterangan Hakim, wakaf menjadi isu utama bagi warga Trensains. Isu ini terus dikaji, diwacanakan dan diaplikasikan. Wakaf ditempuh dengan edukasi dan donasi. Wakaf juga merupakan instrumen yang paling mudah untuk menggalang kekuatan umat.

Launching Pesantren Sains Berbasis Wakaf

Secara simbolik, peresmian Trensains sebagai pesantren berbasis wakaf dilakukan oleh penggagas Trensains Prof. KH. Agus Purwanto, D.Sc dengan pemukulan gong disertai dengan ucapan Basmallah.

Aplikasi di website www.sedekahinaja.id menjadi terobosan teknologi untuk mempermudah umat untuk berwakaf dari handphone kapan dan dimana saja dengan nominal berapa saja.

Agus Purwanto, penggagas Trensains menyebut bahwa ia tidak ingin Trensains menjadi sekolah mahal yang hanya bisa dimasuki oleh kelas menengah ke atas. Ia ingin agar siapapun bisa masuk Trensains dengan syarat memiliki kemampuan akademik. “Awalnya, kami tidak tau bagaimana cara membiayai operasional sekolah yang mahal dengan SPP yang hanya satu juta rupiah. Namun alhamdulillah ada wakaf umat yang mencapai 7,2 miliar. Bagi masyarakat yang ingin wakaf, kami terus membuka pintu,” ujar Gus Pur.

Aset Wakaf Trensains sudah mencapai 7,2 miliar

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa wakaf merupakan salah satu pilar dalam berdirinya Pesantren Sains Trensains. Tercatat saat isi aset wakaf Pesantren Sains Trensains sudah mencapai 7 miliar lebih, dengan rincian sebagaimana terlihat dalam tabel berikut:

Aset Wakaf Pesantren Sains Berbasis Wakaf, Trensains

Ke depan, angka ini akan semakin meningkat karena masih akan terus dilaksanakan berbagai program wakaf lainnya dalam rangka menjadikan Trensains sebagai sebuah pesantren yang unggul. Program paling baru adalah wakaf pembangunan masjid Trensains.

*****

Sebagimana diketahui, SMA Trensains Sragen merupakan sekolah unggulan nasional Muhammadiyah yang telah ditetapkan tahun 2021 oleh PP Muhammadiyah.

Sekolah dengan format pesantren ini bukan pesantren biasa melainkan pesantren sains. Trensains mengingatkan dan menyadarkan bahwa di dalam al-Quran, terdapat 800 ayat alam yang mengarah pada pemahaman dan penguasaan sains dan teknologi. Umat Islam harus kembali kuasai IPTEK karena secara empirik, mengatakan bahwa bangsa-bangsa yang eksis adalah bangsa-bangsa yang menguasai sains fundamental.

Trensains berikhtiar melahirkan saintis muslim abad 21. Santri Trensains selain harus memahami bahasa Arab dengan baik sebagai tool memahami al-Quran. Mereka juga harus piawai dalam matematika dan sains. (HZ)

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *