Totalitas, Trensains Gelar Open House Bertabur Hadiah

Terpancar roman bahagia dari pemenang juara 1 – 5 lomba KSIN yang telah berhasil mengalahkan ratusan kompetitor lainnya.

SMA Trensains Muhammadiyah Sragen adakan Open House & Gelar Karya 2023 di Ahad, 22/10/2023 diikuti ratusan peserta dari berbagai provinsi.

Para finalis juara 6-10 lomba KSIN berfoto bersama dengan sertifikat bukti prestasinya. Salah satu dari finalis ini berasal dari luar provinsi, yang mana coba?

Kegiatan ini adalah salah satu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diselenggarakan tiap tahun untuk mengenalkan SMA Trensains Muhammadiyah Sragen kepada masyarakat secara luas. Masyarakat diajak untuk hadir menyaksikan pagelaran seni, pameran karya hasil penelitian santri, serta mengikuti lomba Kompetisi Sains Integrasi Nasional (KSIN) untuk peserta didik jenjang SMP dari kelas VII, VIII, dan IX. Para peserta KSIN tidak dipungut biaya sepeser pun.

Tampilan band menyajikan lagu pop legendaris musisi dalam negeri. Meski nge-band tetap kelihatan santun, kan?

Open House ini merupakan kegiatan kedua kalinya dengan jumlah peserta KSIN mencapai dua ratusan dengan jangkauan daerah asal peserta adalah 3 provinsi, yaitu Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur, dengan kota asal terjauh adalah Tegal, Sidoarjo, dan Jember.

Para hadirin berdiri dengan khidmat menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan tampilan santri, baik itu grup hadroh, tari saman, band, dan grup vokal. Sesi paling dinanti adalah pengundian puluhan doorprize dengan grand dooprize adalah sebuah sepeda listrik, 2 buah HP, dan 1 sepeda lipat.

Siswi asala Masaran ini beruntung karena dapat sepeda lipat. Tapi agaknya kawatir bila nanti pulangnya harus naik sepeda dari Sambungmacan ke Masaran hehe
Para siswi yang beruntung mendapatkan doorprize HP. Semoga menambah rajin belajar. Jangan banyak top-up EPEP lho mbak

Acara ini dibuka oleh perwakilan majelis Dikdasmen bidang SMA PDM Sragen, Drs. Sukardi, M.Pd. Di sela sambutannya, beliau mendorong SMA Trensains Muhammadiyah Sragen untuk membuka International Class Program karena menurut ukuran beliau sekolah ini sudah siap untuk melaksanakan program tersebut.

Setelah membuka acara, perwakilan dikdasmen meninjau salah satu stand robotika dan mendengarkan penjelasan dari santri atlit robotika.
Meski yang berkunjung di stand club Matematika adalah anak-anak, tetap dilayani lho.

Selanjutnya, pengawas SMA Cabang Dinas Wilayah VI, Tri Hartanto, S.Pd., M.Pd. mengajak kepada masyarakat untuk tidak ragu mendaftar di sekolah terbaik se-Sragen dan merupakan sekolah unggulan dengan ranking 153 di UTBK Nasional. Prestasi UTBK ini linier dengan pencapaian Asessmen Kompetensi Mininum dengan Kemampuan Literasi 100% dan Numerasi di 93,3%.

Momen ketika bapak pengawas meminta siswa pemenang doorprize utama untuk menaiki sepeda listrik. Ekpresi siswa tersebut masih percaya gak percaya dapat hadiah utama.

Humas Trensains, Muhammad Taubah Setiawan, M.Pd, menjelaskan, “Acara ini merupakan bentuk pengenalan kami bagi masyarakat umum, melalui KSIN. Kami dorong bagi peserta didik yang punya kemampuan dan ber-interest di MIPA untuk bergabung bersama kami. Kan enak, bisa lomba, dapat doorprize, dan bila juara kami tambah lagi hadiahnya.” Mengenai peserta yang berasal dari lokasi yang jauh, Taubah menjelaskan, “Gak usah kawatir. Silakan konfirmasi, sudah kami siapkan tempat bermalam di Trensains, makan minum pun juga kami sediakan. Terima kasih kami ucapkan atas dukungan sponsorship dari Erlangga, Intan Pariwara, Lazismu Trensains, serta Syulala (café kewirausahaan santri)”.

Suasana lomba KSIN sekaligus simulasi belajar di Trensains. Sudah pas, cakep pula, tinggal seragamnya saja.

Menarik kan? Datang ya di tahun depan.
Mau daftar jadi santri? Klik disini ya.

Mimin kasih bonus foto terkait.

Salah satu kendaraan rombongan peserta KSIN yang datang sehari sebelumnya dan menginap di Trensains.
Rombongan santriwati peserta KSIN dari SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen, ternyata diantara mereka ada yang jadi Juara 1, juara harapan 1 dan juara harapan 2. Masih ingat yang mana?
Selain memamerkan hasil karya dan kegiatan klub mereka, para santri juga menyediakan games interaktif di tiap stand yang mereka jaga. Ssst ada hadiahnya juga.
Santri yang tidak kebagian jaga stand, punya kesempatan mengunjungi stand club lain.
Pengunjung umum bisa berkesempatan melihat dan berdiskusi tentang karya penelitian santri.
Tamu stand sedang mencoba percobaan Non-Newtonian Fluid. Semoga menginspirasi adik berbaju coklat untuk mencintai dan mengembangkan sains, berfilosofis, berakhlak luhur,…wait, ini kan lirik Mars Trensains.
Tamu Open House juga bisa melihat spesimen awetan dari klub Biologi. Gak jijik kan bila diwadahi botol kaca.
Stand wajib dalam sebuah acara adalah stand jajanan. Memang gak enak kalo lihat stand dengan perut lapar.
Digoreng dadakan, tapi bukan tahu bulat. Mondok, bukan alasan jadi tak bisa masak lho ya
Crew stand merchandise siap mengabadikan kenangan kunjungan para tamu.
Bagikan Artikel:

Leave a Comment

SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, menyiapkan Ibnu Sina abad 21 dengan mengkaji & meneliti ayat-ayat semesta dalam Al-Quran dan Hadis Nabawi.


Hubungi Kami

Pesantren Sains Trensains Muhammadiyah Sragen

Dawe RT. 16, Banaran, Kec. Sambungmacan, Sragen, Central Java, Indonesia 57253